Sunday 17 March 2013

Pengalaman Membuat Sebuah Sistem Informasi

Pada posting saya kali ini akan sedikit berbagi cerita tentang pengalaman saya membuat sebuah sistem informasi yaitu membuat sebuah halaman web. Disamping itu posting ini juga merupakan tugas mata kuliah Analisis dan Perancangan Sistem Informasi (APSI).

Pengalaman ini saya dapat ketika pada saat semester 5 yang lalu, tepatnya pada mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer (IMK). Kelas kami dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap satu kelompoknya terdiri dari 4 mahasiswa. Tema tugas kami ada membuat sebuah halaman web mengenai program pemesanan tiket bioskop online dengan Visual Basic 6 menggunakan bahasa pemrograman utama dan Sql yang menjadi databasenya.

Salah satu tujuan program ini kami buat adalah untuk memudahkan seseorang jika hendak ingin memesan tiket bioskop secara online. Selain itu program ini juga menyediakan banyak informasi tentang berbagai film yang akan diputar/ditayangkan, pendeskripsian tentang film-film, harga-harga tiket di setiap daerah tertentu. Sehingga pada saat seseorang ingin menonton film di bioskop, sebelumnya dapat menentukan apa yang ingin ditonton dan melihat terlebih dahulu berbagai macam penjelasan dari film tersebut.

Dalam mengawali pembuatan program ini, kami bekerja sama dengan kompak, baik, dan semaksimal mungkin. Program yang kami buat terdiri dari berbagai menu, sub menu, dan field yang akan digunakan untuk pembuatan rancangan program kami. Pembuatan program ini dimulai dari objek yang akan dituju, berbagai pemilihan background, proses transaksi pembayaran, hingga pemutaran/penayangan, pendeskripsian, dan harga-harga tentang film.

Setelah melakukan penyusunan dan perangkaian dari berbagai bagian rancangan program. Akhirnya database dan program telah selesai kami buat. Sebelum database dan program kami telah selesai dibuat, kami mempunyai banyak kendala seperti kurangnya ilmu, kemampuan, dan pemahaman kami terhadap program yang kami gunakan. Beberapa syntax pada Visual Basic dan Sql, menentukan field yang akan digunakan beserta jenis tipe data yang akan digunakan dan menghubungkan antara program dengan database sulit untuk kami mengerti dan pahami.

Selain itu banyaknya kesulitan dalam pembuatan program ini seperti pemilihan menu-menu yang akan dibuat, pemilihan background yang tepat, pemilihan pada tempat duduk, dan pemilihan bahasa pemrograman yang sesuai. Salah satu cara untuk menyelesaikan program ini yaitu dengan memanfaatkan google sebagai guru kami. Selain karena kemampuan kami yang bisa dibilang masih pemula, deadline tugas yang hanya beberapa minggu lah yang membuat kami memikirkan cara paling sederhana untuk menyelesaikan program dan database kami tersebut. Alhamdulillah, kami berhasil menyelesaikan programnya. Dan nilai yang kelompok kami dapatkan pun cukup memuaskan.

1 comment:

  1. bisa ga aku di ajarin buat itu program bang?
    adhy.indoraya@gmail.com
    imbox ya
    makasi

    ReplyDelete