Sunday 22 June 2014

Filosofi Kampanye Putih

Politik kerap dicap kotor, gelap, penuh intrik dan kebohongan. Seperti membenarkan kata Lord Acton: Power tends to corrupt, absolute power corrupts absolutely. Korupsi, seolah menjadi keniscayaan. Kesan yang terlanjur melekat di masyarakat ini menjauhkan manusia-manusia yang bersih dan profesional dari dunia politik. 

Partai politik, bukan pilihan ‘keren’. Sementara dalam UU No 8 Tahun 2012 Pasal 51, ayat (1), setiap calon legislator harus diajukan oleh partai politik. Lalu apa jadinya jika semua orang berpikir bahwa politik adalah tempat untuk orang jahat, oportunis, dan serakah? Bagaimana mungkin didapatkan lembaga DPR yang bersih dan diisi oleh individu berintegritas? Apa jadinya jika mereka yang bersih dan berkualitas antipati pada politik?

Kampanye Putih adalah sebuah gerakan sosial oleh profesional muda Indonesia yang bertujuan mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap perpolitikan nasional Indonesia.
Karena minimnya kualitas caleg-caleg ini, kampanye yang mereka lakukan pun cenderung kasar, out of tune, miskin program kerja, namun kaya modal. Caleg yang tak lulus verifikasi, caleg yang memiliki rekam jejak buruk, tetapi kuat modal. Banyak media menuliskan nilai yang fantastis sampai lebih dari satu milyar untuk biaya kampanye. Rakyat ‘terpaksa’ memilih diantara golongan elite yang menghamburkan uang untuk kampanye dibandingkan untuk memperkaya riset atau memperkuat progam kerjanya.

Maka tidak heran jika kampanye ‘bermodal’ yang dilakukan lebih menekankan pada stage performance seperti panggung hiburan, orasi satu arah, pencitraan lewat billboard, baliho dan reklame atau bahkan membeli suara. Cara-cara ini yang membuat masyarakat antipati dan apatis pada politik. Masalahnya, seburuk apapun kualitas caleg-caleg yang diajukan oleh partai tersebut, seluruh 560 kursi DPR yang diperebutkan dalam pemilu akan terisi. Sedikit apapun partisipasi masyarakat dalam pemilu, keseluruhan kursi tersebut akan dibagi habis. Akhirnya, wakil-wakil rakyat kita yang duduk di kursi DPR sana bukanlah the best of the best. 

Suka atau tidak suka, merekalah yang akan membuat aturan-aturan legislatif, undang-undang, menyusun anggaran negara, dan mengawasi jalannya roda pemerintahan. Inilah yang terjadi di negara kita saat ini. Lingkaran setan yang sangat sulit untuk diputus.



No comments:

Post a Comment